Translate

Rabu, 29 Oktober 2014

Mengidentifikasi RPP sejarah SMA dengan Dokumen Kurikulum 2013



Mengidentifikasi kesesuaian RPP Guru Sejarah SMA Negeri 1 Kedungwaru dengan Dokumen Kurikulum 2013

Tujuan pembelajaran
Menurut pemendikbud tujuan pembelajaran ada dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus yang mengarah pada Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti. Dalam RPP sejarah SMA Negeri 1 Kedungwaru tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan data pemendikbud nomor 81A tahun 2013 kurikulum 2013 karena dalam RPP tersebut sudah mengandung  tujuan yang ada di seluruh KD dan diorganisasikan untuk setiap pertemuan. Tujuan tersebut mengacu pada indikator, paling tidak mengandung dua aspek: Audience (peserta didik) dan Behavior (aspek kemampuan).

Isi/Materi
Dalam RPP tersebut dapat dikatakan kurang sesuai dengan data pemendikbud nomor 81A tahun 2013 kurikulum 2013 seharusnya dalam RPP tersebut materi pembelajaran harus menunjang pencapaian KD dengan mempertimbangkan
1) potensi peserta didik;
2) relevansi dengan karakteristik daerah,
3) tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
4) kebermanfaatan bagi peserta didik;
5) struktur keilmuan;
6) aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
7) relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan
8) alokasi waktu.
Sedangkan dalam RPP tersebut materi pembelajaran ada yang beberapa belum mengacu pada kompetensi dasar dalam RPP tersebut. Sehingga masih perlu pengkajian ulang untuk RPP tersebut agar sesuai dengan KD daklam RPP tersebut dan sesuai dengan data kurikulum 2013.

Standart Proses
Dalam kurikulum 2013 pelaksanaan pembelajaran meliputi pendahuluan, kegiatan inti, penutup.
Ø  Pendahuluan
Dalam RPP tersebut pelaksanaan pembelajaran yang meliputi pendahuluan kurang sesuai dengan data pemendikbud nomor 65 tahun 2013 kurikulum 2013 karena hanya ada beberapa point yang sesuai dan selanjutnya perlu adanya penambahan point seperti halnya menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
Ø  Kegiatan Inti
Dalam RPP tersebut pelaksanaan pembelajaran yang berupa kegiatan inti sudah sesuai dengan data pemendikbud nomor 81A tahun 2013 yang berisi tentang mengamati, menanya, mengeksplorasi (mencari data), mengasosiasi, mengkomunikasikan hasil. Jadi dalam RPP ini sudah tidak perlu diadakan perbaikan karena sudah sesuai.
Ø  Penutup 
Melalui pengamatan pelaksanakan pembelajaran dalam proses penutupan pada RPP tersebut sudah sesuai dengan data pemendikbud nomor 81A tahun 2013 karena disitu guru bersama-sama dengan peserta didik dan membuat simpulan pelajaran, terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. Dan guru sudah memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Evaluasi
Dalam RPP tersebut sudah sesuai dengan data pemendikbud nomor 66 tahun 2013 yang meliputi kompetensi sikap yang di dalamnya ada observasi, penilaian diri namun ada dua yang belum dimasukkan dalam kompetensi sikap yaitu penilaian antar peserta didik dan jurnal. Kompetensi pengetahuan yang diaplikasikan dengan tes tertulis, tes lisan, dan masih ada yang belum dimasukkan dalam kompetensi pengetahuan yaitu penugasan berupa pekerjaan rumah. Kompetensi ketrampilan yang diaplikasikan dengan tes praktik, projek, dan penilaian portofolio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar