Translate

Rabu, 29 Oktober 2014

EVALUASI KURIKULUM 2013




Evaluasi Kurikulum 2013

Dalam data pemendikbud nomor 65 tahun 2013 Evaluasi kurikulum 2013 mencakup tiga aspek yaitu afeksi, kognitif  dan psikomotor.
Ø  Aspek Afektif  yaitu ranah yang berkaitan dengan aspek-aspek emosional seperti perasaan, minat, sikap, kepatuhan terhadap moral dan sebagainya. Di dalamnya mencakup penerimaan (receiving/attending), sambutan (responding), tata nilai (valuing), pengorganisasian (organization), dan karakterisasi (characterization).
·         Sikap merupakan suatu kencendrungan untuk bertindak secara suka atau tidak suka terhadap suatu objek. Sikap dapat dibentuk melalui cara mengamati dan menirukan sesuatu yang positif, kemudian melalui penguatan serta menerima informasi verbal. Perubahan sikap dapat diamati dalam proses pembelajaran, tujuan yang ingin dicapai, keteguhan, dan konsistensi terhadap sesuatu. Penilaian sikap adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap mata pelajaran, kondisi pembelajaran, pendidik, dan  sebagainya.
·         minat menurut kamus besar bahasa Indonesia (1990: 583), minat atau keinginan adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Penilaian minat dapat digunakan untuk mengetahui minat peserta didik sehingga mudah untuk pengarahan dalam pembelajaran, mengetahui bakat dan minat peserta didik yang sebenarnya, pertimbangan penjurusan dan pelayanan individual peserta didik,
·         moral berkaitan dengan perasaan salah atau benar terhadap kebahagiaan orang lain atau perasaan terhadap tindakan yang dilakukan diri sendiri. Misalnya menipu orang lain, membohongi orang lain, atau melukai orang lain baik fisik maupun psikis. Moral juga sering dikaitkan dengan keyakinan agama seseorang, yaitu keyakinan akan perbuatan yang berdosa dan berpahala. Moral berkaitan dengan prinsip, nilai, dan keyakinan seseorang.  Ranah afektif lain yang penting adalah
-          Kejujuran: peserta didik harus belajar menghargai kejujuran dalam berinteraksi dengan orang lain.
-          Integritas: peserta didik harus mengikatkan diri pada kode nilai, misalnya moral dan artistik.
-          Adil: peserta didik harus berpendapat bahwa semua orang mendapat perlakuan yang sama dalam memperoleh pendidikan.
-          Kebebasan: peserta didik harus yakin bahwa negara yang demokratis memberi kebebasan yang bertanggung jawab secara maksimal kepada semua orang.

Ø  Aspek kognitif merupakan kawasan yang berkaitan dengan aspek-aspek intelektual atau berpikir/nalar. Didalamnya mencakup pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application),  penguraian (analyze), pemaduan (synthesis), dan penilaian (evaluation). Cara menganalisa kognitif antara lain :
-          Melakukan evaluasi dengan melaksanakan ujian harian atau test
-          Melakukan umpan balik terhadap siswa
-          Melakukan interview

Ø  Aspek psikomotor berkaitan dengan aspek-aspek keterampilan yang melibatkann fungsi sistem syaraf dan otot dan berfungsi psikis. Apek ini terdiri dari kesiapan (set), peniruan (imitation), membiasakan (habitual), menyesuaikan (adaptation), dan menciptakan (origination). Aspek psikomot dapat dievaluasi dengan menggunakan :
-          Test tindakan
-          Observasi

Komponen penunjang
Pada dasarnya kurikulum memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya dalam rangka mencapai tujuan tersebut. Komponen penunjang dalam kurikulum 2013 adalah media atau sarana dan prasarana pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar