Evaluasi Kurikulum 2013
Dalam
data pemendikbud nomor 65 tahun 2013 Evaluasi kurikulum 2013 mencakup tiga
aspek yaitu afeksi, kognitif dan
psikomotor.
Ø Aspek Afektif yaitu ranah yang berkaitan dengan aspek-aspek
emosional seperti perasaan, minat, sikap, kepatuhan terhadap moral dan
sebagainya. Di dalamnya mencakup penerimaan (receiving/attending),
sambutan (responding), tata nilai (valuing), pengorganisasian (organization),
dan karakterisasi (characterization).
·
Sikap merupakan suatu kencendrungan
untuk bertindak secara suka atau tidak suka terhadap suatu objek. Sikap dapat
dibentuk melalui cara mengamati dan menirukan sesuatu yang positif, kemudian
melalui penguatan serta menerima informasi verbal. Perubahan sikap dapat
diamati dalam proses pembelajaran, tujuan yang ingin dicapai, keteguhan, dan
konsistensi terhadap sesuatu. Penilaian sikap adalah penilaian yang dilakukan
untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap mata pelajaran, kondisi
pembelajaran, pendidik, dan sebagainya.
·
minat menurut kamus besar bahasa
Indonesia (1990: 583), minat atau keinginan adalah kecenderungan hati yang
tinggi terhadap sesuatu. Penilaian minat dapat digunakan untuk mengetahui minat
peserta didik sehingga mudah untuk pengarahan dalam pembelajaran, mengetahui
bakat dan minat peserta didik yang sebenarnya, pertimbangan penjurusan dan
pelayanan individual peserta didik,
·
moral berkaitan dengan perasaan salah
atau benar terhadap kebahagiaan orang lain atau perasaan terhadap tindakan yang
dilakukan diri sendiri. Misalnya menipu orang lain, membohongi orang lain, atau
melukai orang lain baik fisik maupun psikis. Moral juga sering dikaitkan dengan
keyakinan agama seseorang, yaitu keyakinan akan perbuatan yang berdosa dan
berpahala. Moral berkaitan dengan prinsip, nilai, dan keyakinan seseorang. Ranah
afektif lain yang penting adalah
-
Kejujuran: peserta didik harus belajar menghargai
kejujuran dalam berinteraksi dengan orang lain.
-
Integritas: peserta didik harus mengikatkan diri pada
kode nilai, misalnya moral dan artistik.
-
Adil: peserta didik harus berpendapat bahwa semua
orang mendapat perlakuan yang sama dalam memperoleh pendidikan.
-
Kebebasan: peserta didik harus yakin bahwa negara yang
demokratis memberi kebebasan yang bertanggung jawab secara maksimal kepada
semua orang.
Ø Aspek
kognitif merupakan kawasan yang
berkaitan dengan aspek-aspek intelektual atau berpikir/nalar. Didalamnya
mencakup pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension),
penerapan (application), penguraian
(analyze), pemaduan (synthesis), dan penilaian (evaluation).
Cara menganalisa kognitif antara lain :
-
Melakukan
evaluasi dengan melaksanakan ujian harian atau test
-
Melakukan
umpan balik terhadap siswa
-
Melakukan
interview
Ø Aspek
psikomotor berkaitan dengan aspek-aspek
keterampilan yang melibatkann fungsi sistem syaraf dan otot dan berfungsi
psikis. Apek ini terdiri dari kesiapan (set), peniruan (imitation),
membiasakan (habitual), menyesuaikan (adaptation), dan
menciptakan (origination). Aspek psikomot dapat dievaluasi dengan
menggunakan :
-
Test tindakan
-
Observasi
Komponen
penunjang
Pada
dasarnya kurikulum memiliki komponen pokok dan komponen penunjang yang saling berkaitan dan berinteraksi satu sama lainnya dalam
rangka mencapai tujuan tersebut. Komponen penunjang dalam kurikulum 2013 adalah
media atau sarana dan prasarana pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar