1.
Perbedaan Perbedaan
Sejarah Wajib dengan Peminatan dalam Kurikulum 2013 pada proses Tujuan :
Sejarah Peminatan
|
Sejarah wajib
|
Mata pelajaran Sejarah bertujuan:
1. Mengembangkan pengetahuan
dan pemahaman mengenai
kehidupan masyarakat dan bangsa
Indonesia serta dunia
melalui pengalaman sejarah
bangsa Indonesia dan bangsa lain.
2. Mengembangkan rasa
kebangsaan, cinta tanah
air, dan penghargaan kritis terhadap
hasil dan prestasi
bangsa Indonesia dan
ummat manusia di masa lalu.
3. Membangun kesadaran
tentang konsep waktu
dan ruang dalam
berfikir kesejarahan.
4. Mengembangkan kemampuan
berpikir sejarah (historical
thinking), keterampilan sejarah (historical skills), dan wawasan
terhadap isu sejarah (historical
issues), serta menerapkan
kemampuan, keterampilan dan
wawasan tersebut dalam kehidupan masa kini.
5. Mengembangkan perilaku
yang didasarkan pada
nilai dan moral
yang mencerminkan karakter diri, masyarakat dan bangsa.
6. Menanamkan sikap
berorientasi kepada kehidupan
masa kini dan
masa depan berdasarkan pengalaman masa lampau.
7. Memahami dan
mampu menangani isu-isu
kontroversial untuk mengkaji permasalahan yang terjadi di
lingkungan masyarakatnya.
8. Mengembangkan pemahaman
internasional dalam menelaah
fenomena aktual dan global.
|
Mata pelajaran Sejarah
Indonesia bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1. Menumbuhkan
kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia
yang memiliki rasa
bangga dan cinta
tanah air, melahirkan empati
dan perilaku toleran yang dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang
kehidupan masyarakat dan bangsa.
2. Menumbuhkan pemahaman
peserta didik terhadap
diri sendiri, masyarakat, dan
proses terbentuknya bangsa
Indonesia melalui sejarah yang
panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang.
3. Mengembangkan
perilaku yang didasarkan pada nilai dan moral yang mencerminkan karakter
diri, masyarakat, dan bangsa.
4. Membangun kesadaran
peserta didik tentang
pentingnya konsep waktu dan
tempat/ruang dalam rangka
memahami perubahan dan keberlanjutan dalam
kehidupan bermasyarakat dan berbangsa di Indonesia.
5. Menumbuhkan apresiasi
dan penghargaan peserta
didik terhadap peninggalan sejarah
sebagai bukti peradaban
bangsa Indonesia di masa lampau.
6. Mengembangkan kemampuan
berpikir historis (historical
thinking) yang menjadi dasar untuk
kemampuan berpikir
logis,kreatif,inspiratif,dan inovatif.
7. Menanamkan
sikap berorientasi kepada masa kini dan masa depan.
|
Perbedaan :
Menurut saya dalam sejarah wajib dan sejarah peminatan
terlihat perbedaan tujuan yang
signifikan.sejarah Peminatan dipelajari secara kontekstual dan kritis.sehingga peserta didik di tuntut untuk mampu
mengembangkan sikap kritis dan kontekstual. Dalam konteks itu, siswa ditugasi
menangani sumber sejarah, menganalisis peristiwa, menetapkan fakta, dan
menginterpretasikan, serta merekonstruksi peristiwa sejarah.Karena pada
dasarnya kurikulum 2013 tentang peminatan di rancang untuk memberikan
kesempatan kepada peserta didik berdasarkan minat mereka.Sementara dalam
sejarah wajib lebih mengutamakan pada penumbuhan ranah afektif.Dalam sejarah
wajib ruang lingkup sejarah di gunakan sebagai pembelajaran untuk menumbuhkan
sikap rasa cinta tanah air dan mengembangkan karakteristik peserta didik untuk
mencapai tujuan pendidikan bangsa.
2.
Perbedaan Perbedaan
Sejarah Wajib dengan Peminatan dalam Kurikulum 2013 pada proses Ruang lingkup
materi :
Sejarah
Peminatan
|
Sejarah
Wajib
|
Mata pelajaran Sejarah
untuk Sekolah Menengah
Atas meliputi Prinsip Dasar Ilmu
Sejarah, Sejarah Indonesia
sejak masa Pra
aksara sampai dengan Masa
Reformasi, dan Sejarah
Dunia sejak masa
Peradaban Kuno sampai dengan
Revolusi Teknologi Informasi
dan Komunikasi, dengan rincian sebagai berikut :
1. Prinsip
dasar Ilmu Sejarah
2. Peradaban
awal masyarakat dunia dan Indonesia
3. Perkembangan
negara-negara tradisional di Indonesia
4. Indonesia
pada masa penjajahan
5. Revolusi
besar dunia dan pengaruhnya
6. Kebangkitan
heroisme dan kebangsaan Indonesia
7. Proklamasi
dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia.
8. Perjuangan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
9. Dunia
pada masa Perang Dingin dan perubahan poilitik global
10. Indonesia
pada masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
11. Indonesia
pada masa Orde Baru
12. Indonesia
pada masa Reformasi
13. Indonesia dan
Dunia pada masa
Revolusi Teknologi Informasi
dan Komunikasi.
|
Mata pelajaran Sejarah Indonesia membahas materi yang meliputi zaman
:
1. Praaksara;
2. Hindu-Buddha;
3. Kerajaan-kerajaan
Islam;
4. Penjajahan
bangsa Barat;
5. Pergerakan
Nasional;
6. Proklamasi
dan Perjuangan mempertahankan kemerdekaan;
7. Demokrasi
Liberal;
8. Demokrasi
Terpimpin;
9. Orde
Baru; dan
10. Reformasi
|
Perbedaan
:
Ruang lingkup dalam mata pelajaran lebih mendetail dari pada
mata pelajaran sejarah wajib.Karena pada sejarah peminatan dapat diperluas dan
diperdalam dengan penerapan ilmu sejarah. Sejarah akan lebih menarik dipelajari
karena di dalam sejarah peminatan tidak ada lagi menghafal tahun dan peristiwa.Sementara
dalam sejarah wajib sejarah di gunakan untuk sekedar pengetahuan umum agar peserta didik mampu mengambil hikmah
dari suatu kejadian sejarah untuk menjadikan kehidupan di masa mendatang lebih
baik
terima kasih, sangat membantu
BalasHapusterima kasih, sangat membantu
BalasHapusterimakasih sangat membantu
BalasHapusTerimakah sangat membatu buk
BalasHapusTrmksih..sangat membantu sekali
BalasHapus