Translate

Rabu, 29 Oktober 2014

PERBEDAAN SEJARAH WAJIB DAN PEMINATAN KURIKULUM 2013



1.       Perbedaan Perbedaan Sejarah Wajib dengan Peminatan dalam Kurikulum 2013 pada proses Tujuan :
Sejarah Peminatan
Sejarah wajib
Mata pelajaran Sejarah bertujuan:

1.       Mengembangkan  pengetahuan  dan  pemahaman  mengenai  kehidupan masyarakat  dan  bangsa  Indonesia  serta  dunia  melalui  pengalaman sejarah bangsa Indonesia dan bangsa lain.
2.       Mengembangkan  rasa  kebangsaan,  cinta  tanah  air,  dan  penghargaan kritis  terhadap  hasil  dan  prestasi  bangsa  Indonesia  dan  ummat  manusia di masa lalu.
3.       Membangun  kesadaran  tentang  konsep  waktu  dan  ruang  dalam  berfikir kesejarahan.
4.       Mengembangkan  kemampuan  berpikir  sejarah  (historical  thinking), keterampilan sejarah (historical skills), dan wawasan terhadap isu sejarah (historical  issues),  serta  menerapkan  kemampuan,  keterampilan dan wawasan tersebut dalam kehidupan masa kini.
5.       Mengembangkan  perilaku  yang  didasarkan  pada  nilai  dan  moral  yang mencerminkan karakter diri, masyarakat dan bangsa.
6.       Menanamkan  sikap  berorientasi  kepada  kehidupan  masa  kini  dan  masa depan berdasarkan pengalaman masa lampau.
7.       Memahami  dan  mampu  menangani  isu-isu  kontroversial  untuk  mengkaji permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakatnya.
8.       Mengembangkan  pemahaman  internasional  dalam  menelaah  fenomena aktual dan global.

Mata  pelajaran  Sejarah  Indonesia  bertujuan  agar  peserta  didik  memiliki kemampuan sebagai berikut :

1.       Menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa  Indonesia  yang  memiliki  rasa  bangga  dan  cinta  tanah  air, melahirkan empati dan perilaku toleran yang dapat diimplementasikan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat dan bangsa.
2.       Menumbuhkan  pemahaman  peserta  didik  terhadap  diri  sendiri, masyarakat,  dan  proses  terbentuknya  bangsa  Indonesia  melalui sejarah yang panjang dan masih berproses hingga masa kini dan masa yang akan datang.
3.       Mengembangkan perilaku yang didasarkan pada nilai dan moral yang mencerminkan karakter diri, masyarakat, dan bangsa.
4.       Membangun  kesadaran  peserta  didik  tentang  pentingnya  konsep waktu  dan  tempat/ruang  dalam  rangka  memahami  perubahan  dan keberlanjutan  dalam  kehidupan  bermasyarakat  dan berbangsa di Indonesia.
5.       Menumbuhkan  apresiasi  dan  penghargaan  peserta  didik  terhadap peninggalan  sejarah  sebagai  bukti  peradaban  bangsa  Indonesia  di masa lampau.
6.       Mengembangkan  kemampuan  berpikir  historis  (historical  thinking) yang  menjadi  dasar  untuk  kemampuan  berpikir logis,kreatif,inspiratif,dan inovatif.
7.       Menanamkan sikap berorientasi kepada masa kini dan masa depan.


Perbedaan :
Menurut saya dalam sejarah wajib dan sejarah peminatan terlihat perbedaan tujuan yang  signifikan.sejarah Peminatan dipelajari secara kontekstual dan kritis.sehingga  peserta didik di tuntut untuk mampu mengembangkan sikap kritis dan kontekstual. Dalam konteks itu, siswa ditugasi menangani sumber sejarah, menganalisis peristiwa, menetapkan fakta, dan menginterpretasikan, serta merekonstruksi peristiwa sejarah.Karena pada dasarnya kurikulum 2013 tentang peminatan di rancang untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik berdasarkan minat mereka.Sementara dalam sejarah wajib lebih mengutamakan pada penumbuhan ranah afektif.Dalam sejarah wajib ruang lingkup sejarah di gunakan sebagai pembelajaran untuk menumbuhkan sikap rasa cinta tanah air dan mengembangkan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan bangsa.

2.       Perbedaan Perbedaan Sejarah Wajib dengan Peminatan dalam Kurikulum 2013 pada proses Ruang lingkup materi :
Sejarah Peminatan
Sejarah Wajib
Mata  pelajaran  Sejarah  untuk  Sekolah  Menengah  Atas  meliputi  Prinsip Dasar  Ilmu  Sejarah,  Sejarah  Indonesia  sejak  masa  Pra  aksara  sampai dengan  Masa  Reformasi,  dan  Sejarah  Dunia  sejak  masa  Peradaban  Kuno sampai  dengan  Revolusi  Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi,  dengan rincian sebagai berikut :
1.       Prinsip dasar Ilmu Sejarah
2.       Peradaban awal masyarakat dunia dan Indonesia
3.       Perkembangan negara-negara tradisional di Indonesia
4.       Indonesia pada masa penjajahan
5.       Revolusi besar dunia dan pengaruhnya
6.       Kebangkitan heroisme dan kebangsaan Indonesia
7.       Proklamasi dan perkembangan negara kebangsaan Indonesia.
8.       Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
9.       Dunia pada masa Perang Dingin dan perubahan poilitik global
10.   Indonesia pada masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
11.   Indonesia pada masa Orde Baru
12.   Indonesia pada masa Reformasi
13.   Indonesia  dan  Dunia  pada  masa  Revolusi  Teknologi  Informasi  dan Komunikasi.

Mata pelajaran Sejarah Indonesia membahas materi yang meliputi zaman :
1.       Praaksara;
2.       Hindu-Buddha;
3.       Kerajaan-kerajaan Islam;
4.       Penjajahan bangsa Barat;
5.       Pergerakan Nasional;
6.       Proklamasi dan Perjuangan mempertahankan kemerdekaan;
7.       Demokrasi Liberal;
8.       Demokrasi Terpimpin;
9.       Orde Baru; dan
10.   Reformasi



Perbedaan :
Ruang lingkup dalam mata pelajaran lebih mendetail dari pada mata pelajaran sejarah wajib.Karena pada sejarah peminatan dapat diperluas dan diperdalam dengan penerapan ilmu sejarah. Sejarah akan lebih menarik dipelajari karena di dalam sejarah peminatan tidak ada lagi menghafal tahun dan peristiwa.Sementara dalam sejarah wajib sejarah di gunakan untuk sekedar pengetahuan umum  agar peserta didik mampu mengambil hikmah dari suatu kejadian sejarah untuk menjadikan kehidupan di masa mendatang lebih baik

5 komentar: