B. Ruang
Lingkup Kajian IPS
Secara
mendasar, pembelajaran IPS berkaitan dengan kehidupan manusia yang melibatkan
segala tingkah laku dan kebutuhannya.
Pada jenjang
pendidikan dasar, ruang lingkup IPS dibatasi pada gejala dan masalah sosial
yang dapat dijangkau pada geografi dan sejarah, yaitu yang ada di lingkungan
sekitar peserta didik SD/MI.
Pada jenjang
pendidikan menengah dan tinggi, ruang lingkup kajiannya diperluas. Bobot,
keluasan materi dan kajian semakin dipertajam dengan berbagai pendekatan.
Ruang
lingkup kajian IPS :
1.Substansi
materi ilmu-ilmu sosial yang bersentuhan dengan masyarakat
2.Gejala,
masalah, dan peristiwa sosial tentang kehidupan masyarakat
C. Tujuan
IPS
Tujuan
kurikuler yang harus dicapai pada bidang studi IPS yaitu:
1.Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial
yang berguna dalam kehidupan masyarakat.
2.Membekali peserta didik dengan
kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun alternatif pemecahan
masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
3.Membekali peserta didik dengan
kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan berbagai
bidang keilmuan serta berbagai keahlian.
4.Membekali peserta didik dengan
kesadaran, sikap mental yang positif, dan hidup yang menjadi bagian kehidupannya
yang tidak terpisahkan.
5.Membekali peserta didik dengan
kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan
kehidupan, perkembanganilmu dan teknologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar