Translate

Rabu, 29 Oktober 2014

RUANG LINGKUP DAN TUJUAN IPS



B. Ruang Lingkup Kajian IPS
Secara mendasar, pembelajaran IPS berkaitan dengan kehidupan manusia yang melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya.
Pada jenjang pendidikan dasar, ruang lingkup IPS dibatasi pada gejala dan masalah sosial yang dapat dijangkau pada geografi dan sejarah, yaitu yang ada di lingkungan sekitar peserta didik SD/MI.
Pada jenjang pendidikan menengah dan tinggi, ruang lingkup kajiannya diperluas. Bobot, keluasan materi dan kajian semakin dipertajam dengan berbagai pendekatan.
Ruang lingkup kajian IPS :
1.Substansi materi ilmu-ilmu sosial yang bersentuhan dengan masyarakat
2.Gejala, masalah, dan peristiwa sosial tentang kehidupan masyarakat

C. Tujuan IPS
Tujuan kurikuler yang harus dicapai pada bidang studi IPS yaitu:
1.Membekali peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan masyarakat.
2.Membekali peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan menyusun alternatif pemecahan masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
3.Membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat dan dengan berbagai bidang keilmuan serta berbagai keahlian.
4.Membekali peserta didik dengan kesadaran, sikap mental yang positif, dan hidup yang menjadi bagian kehidupannya yang tidak terpisahkan.
5.Membekali peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan IPS sesuai dengan perkembangan kehidupan, perkembanganilmu dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar